1. Apa sajakah manfaat manajemen dalam
organisasi ?
Jawab
:
a. Alat
untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
b. Manajemen
yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan
masyarakat.
c. Dengan
manajemen, daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat
ditingkatkan.
d. Pemanfaatan
sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.
e.
Pembagian kerja.
f.
Informasi atasan dan bawahan.
g.
Jenis pekerjaan yang dilaksanakan.
h.
Pengelompokan bagian-bagain kerja.
2. Apa saja unsur-unsur dan fungsi
manajemen ?
Jawab
:
a.
Unsur-unsur Manajemen
® Man (Manusia, Tenaga Kerja)
® Money (Uang yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan)
® Machine (Mesin atau alat yang digunakan untuk
mencapai tujuan)
® Method (Metode atau cara untuk mencapai tujuan)
® Material (bahan atau perlengkapan untuk mencapai
tujuan)
® Market (Pasar untuk menjual barang yang dihasilkan.
b.
Fungsi Manajemen
® Planning
(perencanaan)
® Organizing
(pengorganisasian)
® Actuating
(penggerakan)
® Controling
(pengendalian atau pengawasan)
3. Uraikan persamaan dan perbedaan dari
manajer lini dan manajer staff ?
Jawab
:
a.
Persamaan :
® Persamaan
manajer lini dan manajer staff adalah sama – sama seorang pemimpin yang
mempunyai masing – masing kewenangan untuk memberi saran atau keputusan.
b.
Perbedaan :
® Manajer lini adalah seorang pemimpin yang mempunyai wewenang lini
(line authority), berhak dan bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan
perusahaan.
® Manajer staf adalah pemimpin yang mempunyai wewenang staf (staff
authority) yang hanya berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar
penyelesaian tugas-tugas manajer lini.
4. Jelaskan pengertian authority,
delegasi authority, du characteristic, sentralisasi authority, desentralisasi
authority, pemimpin dan kepemimpinan!
Jawab
:
a.
Authority (wewenang) adalah kekuasaan yang
sah dan legal yang dimiliki seseorang untuk memerintah orang lain, berbuat atu
tidak berbuat seuatu;authority adalah dasar hukum yang sah dan legal untuk
dapat mengerjakan suatu pekerjaan. Wewenang juga adalah kekuasaan resmi yang
dimiliki seseorang untuk bertindak dan memerintah orang lain.
b.
Delegasi authority adalah memberikan
sebagian pekerjaan atau wewenang oleh delegator kepada delegate untuk
dikerjakannya.
c.
Du characteristic adalah pihak bawahan
menerima wewenang dari atasan, tetapi pada saat yang sama atasan yang
bersangkutan tetap memiliki wewenang tersebut.
d.
Sentralisasi authority adalah bila
sebagian besar kekuasaan masih tetap dipegang oleh pimpinan.
e.
Desentralisasi authority adalah apabila
sebagian kecil kekuasaan dipegang pimpinan, sedangkan sebagian besar
kekuasaannya didelegasikan kepada bawahan.
f.
Pemimpin adalah seseorang yang
mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta
bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.
g.
Kepemimpinan adalah gaya seorang pemimpin
mempengaruhi bawahannya, agar mau bekerja sama dan bekerja efektif sesuai
dengan perintahnya.


0 komentar:
Posting Komentar